Seandainya cahaya keyakinanmu cemerlang hingga menerangi hati, tentu engkau melihat kehidupan akhirat lebih dekat sebelum engkau melangkahkan kaki ke sana, serta kemewahan dunia yang dihias dengan gemerlapnya permata tampak sebagai gerhana (suram) lantaran tertutup oleh indahnya akhirat.

If your faith bright light to illuminate the hearts, of thee hereafter a closer look before you step up foot to it, as well as the luxuries of the world are decorated with glitter of gems appear as the eclipse (dark) because enclosed by a wonderful afterlife.

Tidak ada sesuatu yang menghalangi dirimu dari memandang Allah, tetapi yang menghalangi dirimu adalah prasangka dalam dirimu yang mengatakan bahwa ada sesuatu yang wujud selain Allah.

There is nothing that prevents you from looking at God, but that prevents you are prejudice in you which says that something is being other than God.

Orang mukmin sejati apabila dipuji, justru merasa malu kepada Allah. Sebab dia dipuji dengan sifat yang tidak ada pada dirinya, melainkan semata-mata dari Allah.

True Believers, when praised, should feel ashamed to God. Because he is credited with properties that do not exist in itself, but solely from God.

Allah membolehkan dan menganjurkan kepadamu untuk merenungkan tentang terjadinya makhluk. Tapi Allah tidak mengizinkan dirimu berhenti di samping dzat-dzat makhluk itu, hingga kemudian melupakan Allah yang telah menciptakan segala yang ada di dunia ini. Dalam Qur’an surat Yunus ayat 101 Allah telah menegaskan: “Katakanlah: Perhatikanlah apa yang ada di langit.” Allah membukakan pintu pemahaman bagimu, sehingga tidak mengatakan: “Lihatlah langit,” agar engkau mengerti bahwa Allah tidak menunjukkan kepadamu wujudnya benda.

God allow and encourage you to ponder about the creature. But God does not let you stop in addition toEssence, Essence of the creature, until then forget the God who created everything that exists in this world. Inparagraph 101 of Yunus letter Qur’an Allah has asserted: ”Say: Behold what is in the heavens.” God opened the door of understanding to you, so do not say: ”Look at the sky,” so that you understand that God does not show his form objects.

Apabila Allah membuka mulut masyarakat untuk memujimu, padahal engkau bukanlah orang yang patut untuk dipuji, maka hendaklah engkau segera memuji Allah yang benar-benar berhak untuk mendapatkan pujian.

Orang-orang zuhud apabila dipuji berkerutlah hati mereka. Sebab mereka menyadari bahwa pujian itu datang dari makhluk. Sedangkan orang-orang yang arif (ahli makrifat) apabila dipuji, hati mereka merasa gembira. Sebab mereka memahami bahwa pujian itu pada hakikatnya datang dari Allah, bukan dari makhluk yang memberikan pujian.

People, if hailed berkerutlah ascetic their hearts. Because they realize that the praise is coming from thecreature. While the wise men (scholars makrifat) when praised, and their hearts happy. Because they understand that praise is essentially coming from God, not from the creatures that give a compliment.

Andaikata dirimu tertimpa suatu dosa, janganlah dosa itu menjadi sebab keputusasaan dirimu dari mendapatkan keistiqamahan dalam menghadap Allah. Boleh jadi dosa itu merupakan dosa terakhir yang ditentukan Allah buat dirimu.

If you hit a sin, that sin should not be a cause of despair keistiqamahan yourself from getting in the face of God. It may be the last sin was the sin that God prescribed for you.

Bila engkau berkeinginan agar Allah membukakan pintu harapan terhadap rahmat-Nya, maka lihatlah apa yang datang dari Allah kepadamu. Dan bila engkau berkeinginan agar Allah membukakan pintu ketakutan terhadap adzab-Nya, maka pandanglah apa yang datang darimu (berupa amal ibadah) kepada Allah.

If you wish that God would open the door of hope to His mercy, then see what comes from God to you. And if you desire that God will open the door of his fear of adzab, then look at what comes from you (in the form ofacts of worship) to God.

Sangatlah bodoh orang yang menginginkan terjadinya sesuatu di luar waktu yang dikehendaki Allah.

It would be foolish person who wants something to happen outside of time willed by God.

Allah menutup cahaya hati dengan tebalnya hal-hal yang tampak karena memuliakan cahaya tersebut agar tidak menjadi remeh lantaran diketahui oleh sembarang orang, dan jangan sampai dimasyhurkan oleh orang banyak.

God’s light hearted with a thick cover things that appear due to glorify the light in order not to be underestimated because of the unknown by anyone, and do not let dimasyhurkan by the crowd.

Terkadang sifat Riya’ (pamer) masuk ke dalam dirimu, sekalipun orang lain tidak melihat dirimu berlaku pamer.

Sometimes the nature of Riya ’(showing off) come within you, even if others do not see you apply to show off.

Gerak hatimu yang menginginkan agar orang lain mengetahui keistimewaan (kelebihan) dirimu, menunjukkan tidak adanya kesungguhan padamu dalam melaksanakan peribadatan.

Motion hearts that want others to know the features (excess) of you, show you the lack of seriousness in implementing the worship.

Barangsiapa mengenal Allah Dzat yang haq, tentu dia dapat menyaksikan Allah dalam segala situasi dan kondisi.

Whoever knows God Essence of truth, of course he can see God in all circumstances and conditions.

Hilangkanlah pandangan orang lain terhadap dirimu, niscaya Allah akan memandangmu dengan penuh kasih. Dan menghilanglah dari pandangan sesama manusia, karena Allah senantiasa memandang mengawasi segala perilakumu.

Please remove the views of others towards you, Allah will look at you with affection. And menghilanglah of view of fellow human beings, because God is always looking at watching all your actions.

Sungguh yang menghalangi Allah dari dirimu adalah terlalu dekatnya Allah kepadamu. Sungguh Allah terhalang karena sangat jelaslah Allah, dan Dia tidak tampak dari penglihatan karena sangat besarnya cahaya Allah.

It’s that hinders God from God you are too close to you. It was blocked because it is very clear God of God, and He does not look very big from sight because God’s light.

Janganlah permohonanmu menjadikan sebab turunnya pemberian Allah, sehingga mengakibatkan sedikitnya pemahamanmu terhadap Allah. Tapi hendaknya permohonanmu itu hanya demi menampakkan penghambaanmu kepada Allah dan memenuhi hak-hak ketuhanan-Nya. Bagaimana mungkin permohonanmu yang datang belakangan dapat menyebabkan datangnya pemberian Allah yang telah ditentukan jauh lebih dahulu?

Do not fall for permohonanmu make a gift of God, thus resulting in at least your understanding of God. But should it just for the sake of revealing permohonanmu penghambaanmu to God and fulfill the rights of Hisdeity. How could permohonanmu who came later could lead to the coming of the gift of God which has been determined far in advance?

Barangsiapa menyebarluaskan ilmu dengan anggapan bahwa ilmu pengetahuannya itu timbul dari amal kebajikan yang dilakukannya, maka dia akan dibuat diam oleh perbuatan jeleknya. Dan barangsiapa menyebarluaskan ilmu dengan anggapan bahwa ilmu pengetahuannya itu timbul dari karunia Allah yang diberikan kepada dirinya, maka dia tidak akan dibuat diam oleh perbuatan jeleknya.

Whoever disseminate knowledge with the notion that science arises from the good deeds he does, then he will be silenced by bad deeds. And whosoever shall disseminate knowledge with the notion that science arises from the gift of God given to him, then he will not be silenced by bad deeds.

Setiap perkataan yang keluar pasti mencerminkan corak karakter hati yang mengeluarkan perkataan itu.

Every word that came out definitely reflect the style of characters who issued the hearts of these words.

Barangsiapa diberi izin untuk menerangkan ilmu makrifat, tentu keterangan yang disampaikan dapat dipahami secara mudah pada pendengaran orang lain, dan isyarat yang diberikan dimudahkan pula sampai kepada orang lain.

Any person given permission to explain the science makrifat, of the information presented can easily be grasped at the hearing of others, and also facilitated cues given up to others.

Janganlah menengadahkan tangan kepada seseorang, hingga engkau mengetahui bahwa pemberi yang sebenarnya adalah Allah, bukan orang yang memberikan sesuatu kepadamu. Jika engkau mampu berlaku demikian, maka bolehlah engkau mengambil apa saja dari orang lain, asalkan dengan cara yang halal.

Do not raise your hand to someone, until thou know that the real giver is God, not someone who gives you something. If you are able to do so, then so-so you take anything from anyone else, provided that a lawful manner.

Apabila ada dua masalah yang sama-sama sulit dipahami bagimu, maka lihatlah mana yang lebih berat bagi nafsu. Dan itulah yang engkau ikuti. Sebab yang terasa berat bagi nafsu, tentulah itu perkara yang haq.

If there are two problems that are equally difficult to understand you, then see which is more severe for lust. And that’s what you follow. Because that feels heavy for the appetite, it would have been a case of truth.

Shalat adalah tempat bermunajat (menyampaikan bisikan hati kepada Allah), sumber pembersih hati dari segala kotoran, dan memperluas cahaya yang menerangi hati, serta menambah kedalaman makrifat kepada Allah.

Prayer is the place bermunajat (expressed whisper heart to God), the source of cleansing the heart of all impurities, and expand the light that illuminates the heart, as well as add depth makrifat to God.

Allah mengetahui adanya kelamahan pada dirimu, hingga Dia menyedikitkan biilangan rakaat shalat. Dan Allah mengetahui kebutuhan dirimu terhadap anugerah-Nya, sehingga Dia memperbanyak pahala shalat yang engkau lakukan.

God knows the weaknesses in you, until He lessen the number of rakats prayer. And God knows you need to grace, so He multiply the reward of praying that you do.

Apabila Allah berkehendak menampakkan anugerah-Nya kepadamu, maka Dia akan menamakan atau menisbatkan suatu amal kepadamu.

If Allah wants to show His grace to you, then He will name or attribute of a charity to you.

Tidak ada habis-habisnya celaan dan cercaan atas dirimu, jika Allah mengembalikan engkau kepada dirimu sendiri. Dan tidak ada habis-habisnya pujian bagi dirimu, jika Allah menampakkan kemurahan-Nya kepadamu.

No endless taunts and insults upon you, if God restore you to yourself. And there is no endless praise to you, if God showed His mercy to you.

Allah melarangmu mengakui sesuatu yang menjadi milik orang lain sebagai milikmu. Adakah Allah akan memperbolehkan kepadamu untuk mengakui sifat-sifat-Nya, sedangkan Dia adalah Tuhan seluruh alam.

God forbid you admit something that belongs to someone else as your own. Is there a God would allow you to recognize the properties of Him, while He is Lord of the Worlds.

Seandainya tidak karena bagusnya ampunan Allah, niscaya tidak akan ada amal yang patut diterima oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Had it not been good God’s forgiveness, there would be no charity that should be accepted by AllahSubhanahu wa ta’ala.

Engkau lebih membutuhkan kemurahan hati Allah pada waktu melaksanakan ibadah kepada-Nya daripada kebutuhanmu terhadap kemurahan Allah ketika engkau mendurhakai-Nya.

You are more in need of mercy of God in accomplishing the worship to Him than the needs of the mercies of God when you disobey Him.

Tutup Allah ada dua macam: tutup dari maksiat dan tutup dalam maksiat. Orang awam memohon kepada Allah tutup di dalam maksiat, karena khawatir jatuh martabatnya di mata masyarakat. Sedang orang pilihan memohon kepada Allah tutup dari maksiat, karena khawatir jatuh di mata Allah, hingga lepas dari perhatian-Nya.

Close of God are of two kinds: the lid of vice and immorality in the lid. Lay people to ask God closed in thesinners, for fear of falling prestige in the eyes of society. Moderate to ask God’s elect cap of sinners, for fear of falling in the eyes of God, to escape his attention.

Bila ada orang memuliakan dirimu, sebenarnya dia memuliakan bagusnya penutup Allah terhadap dirimu. Bila dia mengetahui kelakuan jelek yang engkau sembunyikan, tentu dia tidak akan memuliakan dirimu. Karena itu, pujian selayaknya diberikan kepada Dzat yang menutupi dirimu, dan bukan hak orang yang memuliakanmu dan orang yang bersyukur kepadamu.

If there are people glorify you, actually he glorifies God good cover against you. When he learned that thou hide ugly behavior, certainly he would not glorify yourself. Therefore, the praise should be given to the Essence of the shield thee, and not the rights of people who memuliakanmu and those who give thanks to you.

Apabila engkau merasa bosan dengan makhluk, maka ketahuilah, bahwa Dia hendak membukakan untukmu pintu kesenangan dengan-Nya.

If you feel bored with the creature, then know, that He would open the door for you with His joy.

Tatkala lidahmu dimudahkan menyampaikan permohonan, maka ketahuilah, Dia hendak memberimu.

When your tongue facilitated submit an application, then know, he wanted to give you.

Orang yang telah makrifat selalu berada dalam keadaan merasa membutuhkan-Nya dan tiada merasa tenang bila menjadikan selain Allah sebagai tempat bersandar.

People who have been in a state makrifat always feel the need for him and not feel calm when making other than Allah as a place to lean.

Bukanlah berlikunya jalan tempuhmu yang layak dikuatirkan, tetapi yang perlu dikuatirkan adalah kalau sampai nafsumu menguasaimu.

Berlikunya is not a viable way tempuhmu concern, but is it really a concern is that until your passions rule over you.

Janganlah menuntut Tuhanmu karena doamu belum dikabulkan, tetapi tuntutlah dirimu sendiri yang mungkin belum memenuhi syarat bagi terkabulnya suatu doa.

Do not sue your Lord, because your prayer has not been granted, but Insist yourself who may not qualify for a prayer granted.

Datangnya pertolongan Allah sesuai dengan persiapan, sementara pancaran cahaya Allah sesuai dengan kejernihan relung hati.

The coming of God’s help in accordance with the preparations, while the radiant light of God in accordance with the clarity of the liver niche.

Orang yang lalai, saat pagi hari selalu berpikir tentang apa yang dikerjakannya, sedangkan orang yang berakal selalu merenung apa yang akan dikerjakan Allah kepada-Nya saat itu.

Person who fails, when the morning was always thinking about what he did, while men of understanding willalways reflect what God is doing to him at that time.

Engkau diperintahkan di dunia ini untuk memperhatikan ciptaan-Nya, dan kelak di akhirat Dia akan memperlihatkan kesempurnaan Dzat-Nya.

You commanded this world to pay attention to his creation, and in the Hereafter He will show His Essence perfection.

Dia mengetahui keadaanmu yang tak sabar karena rindu untuk melihat-Nya, maka Dia memperlihatkan kepadamu apa yang berasal dari-Nya.

He knows how things that can not wait for the longing to see Him, He shows you what comes from Him.

Ketika Allah mengetahu bahwa dirimu cepat merasa bosan menghadapi amal yang terasa berat, maka Allah menawarkan bermacam-cara dalam melakukan ibadah. Dan ketika Allah mengetahui bahwa dirimu juga bersifat rakus, maka Allah melarangmu melakukan ibadah (shalat) pada waktu-waktu tertentu, agar semangatmu tertuju pada kesempurnaan shalat. Sebab tidak semua orang yang melakukan shalat pasti melakukannya dengan sempurna.

When God determines that you quickly feel tired of fighting charity that feels heavy, God offers a variety ofways of doing worship. And when God knows that you too are greedy, then God forbid you do worship (prayer) at certain times, so that your spirit fixed on the perfection of prayer. Because not everyone who prayed definitely do it perfectly.

Ketika ia membukakan pintu kepahaman bagimu tentang penolakan-Nya, niscaya penolakan tersebut berubah menjadi pemberian.

When he opens the door of understanding to you about his rejection, rejection inevitably turned into administration.

Alam ini pada lahiriahnya adalah tipu daya dan batiniahnya adalah pelajaran (ibroh). Nafsu memandang pada tipu daya lahiriah, sementara hati memandang pada pelajaran yang tersimpan di dalamnya.

Nature is the outward and inward is deception is a lesson (ibroh). Lust looked at deceptive outward, while the heart look at the lessons that are stored in it.

Jika engkau ingin kemuliaan yang abadi, maka jangan banggakan kemuliaan yang sementara.

If you want the glory that is eternal, then do not be proud of the glory that is temporary.

Lipatan yang hakiki (untuk menyingkat perjalanan) adalah terlipatnya jarak dunia darimu sehingga dapat melihat akhirat lebih dekat dari dirimu sendiri.

Crease the intrinsic (for short trips) is folded so that the distance of the world than you can see the hereaftercloser than yourself.

Cukuplah Allah yang memberi balasan atas ketaatanmu dengan meridhoimu sebagai ahli ibadah.

Allah is sufficient reward for your obedience to meridhoimu as an expert service.

Cukuplah bagi orang-orang yang berbuat kebaikan itu balasan berupa terbukanya hati untuk menaati-Nya, dan apa yang diberikan oleh-Nya berupa kenikmatan berhubungan dengan-Nya.

Suffice it to people who do good that replies be opening the heart to obey Him, and what was given by him ofthe pleasure associated with him.

Apabila Dia memberimu anugerah, itu artinya Dia memperlihatkan kemurahan-Nya kepadamu. Apabila Dia menahan pemberian-Nya untukmu, itu berarti Dia memperlihatkan keperkasaan-Nya padamu. Dan pada semua kondisi, Dia memperkenalkan diri kepadamu serta menghadapimu dengan kelembutan-Nya.

If He gave you a gift, it means that He shows His mercy to you. If He withhold His provision for you, it meanshe showed his prowess to you. And in all conditions, he introduced himself to you and face you with his tenderness.

Pedihnya penolakan Allah yang kau rasakan hanya karena kau tidak mengerti rahmat Allah di balik penolakan itu.

Pain of the rejection of God that you feel just because you do not understand the grace of God behind therefusal.

Perbuatan maksiat yang membuat rasa hina dan (menimbulkan rasa) membutuhkan-Nya lebih baik daripada taat yang melahirkan rasa bangga dan kesombongan (takabur).

Immoral act that makes sense of contempt and (pose sense) requires him to obey is better than who gave birth to a sense of pride and arrogance (arrogance).

Ada dua nikmat yang melekat pada setiap makhluk, dan setiap makhluk terjadi dari keduanya. Yaitu nikmat ijaad (diciptakan) dan nikmat imdaad (dipenuhi kebutuhannya).

There are two blessings attached to every creature, and every creature occurs from both. That is delicious ijaad (created) and favors imdaad (met their needs).

Seringkali warid (dari karunia) ilahiyah itu datang secara tiba-tiba agar hamba-hamba tidak menganggap bahwa hal itu muncul karena adanya persiapan oleh mereka.

Often warid (from grace) godlike came suddenly to the servants did not consider that it appears because of the preparation by them.

Jika engkau bertemu seorang yang selalu menjawab apa saja yang ditanyakan kepadanya, menerangkan apa saja yang dilihatnya, menyebutkan apa saja yang diketahuinya, maka ketahuilah bahwa itu tanda kebodohan pada dirinya.

If you meet someone who always answer whatever is asked him, explained what he saw, mentioning what she knew, then know that it is a sign of ignorance on her.

Jika engkau mengetahu kedudukanmu di sisi-Nya, maka lihatlah dimana Dia mendudukkanmu.

If you also learn kedudukanmu on his side, then look at where he mendudukkanmu.

Sebaik-baiknya permohonan adalah apa yang berhubungan dengan segala kewajiban dari-Nya untuk kau lakukan.

Best application is what is associated with all of his obligations to you are doing.

Merasa sedih karena telah kehilangan kesempatan berbuat ketaatan, tetapi tidak berusaha juga untuk melakukan perbuatan tersebut, hal itu termasuk tanda bahwa ia terkena tipu daya (setan).

Feeling sad for having lost the opportunity to do obedience, but also does not attempt to perform these actions, it included a sign that he had devised (Satan).

Harapan (rojaa’) harus disertai amal, (karena) kalau tidak hanya akan menjadi angan-angan.

Hope (rojaa ’) must be accompanied by a charity, (because) if not just be wishful thinking.

Dilapangkan-Nya keadaanmu supaya engkau tidak selalu dalam kesempitan. Dan disempitkan-Nya keadaanmu agar engkau tidak dalam kelapangan. Dan jika Ia melepaskanmu dari keduanya, itu agar engkau tidak bergantung kepada apapun juga, selain-Nya.

Orang yang telah makrifat apabila diberi nikmat berupa kelapangan atau kegembiraan akan merasa lebih takut ketimbang ia diberi nikmat berupa kesempitan dan ketakutan, karena hanya sedikit manusia yang tetap dalam batas kesopanan (di hadapan-Nya) ketika mendapat kelapangan.

People who have makrifat if given a delicious form of leisure or pleasure will feel more scared than he was given the blessing of the narrowness and fear, because only a few humans who remain within the limits ofdecency (before Him) when it gets spaciousness.

Di saat kelapangan, ada ruang bagi nafsu untuk mengambil peran melalui kegembiraan. Tatkala dalam kesempitan, nafsu tidak punya peran apa-apa.

At leisure, there is room for lust to take the role of the excitement. When the narrowness, lust has no rolesnothing.

Mungkin saja Dia memberikan untukmu yang sesungguhnya itu berarti menolakmu. Namun mungkin juga Dia menolakmu (dengan tidak memberikan sesuatu) padahal dengan itu sesungguhnya Ia memberimu.

He might just give you the true it means refuse you. But maybe also he turned you down (by not givinganything) but with the fact he gave you.

Tak akan ada dosa kecil bila dihadapkan dengan keadilan-Nya dan tak akan ada dosa besar jika dihadapkan pada anugerah-Nya.

There would be no small sin when confronted with his justice and there would be no great sin if confronted with his grace.

Nur atau cahaya adalah tentara hati, sebagaimana kegelapan adalah tentara nafsu. Apabila Allah berkendak menolong hamba-Nya, ia akan membentangkan pasukan cahaya (anwaar) ke dalam hati hamba. Dan Dia memutus (bantuan / perbekalan) kegelapan dan kepalsuan.

Nur or light is the heart army, army of darkness is as appetite. If Allah helps His servants have an affair, hewill spread the light troops (anwaar) into the hearts of servants. And He decided (assistance / supplies)darkness and falsehood.

Tugas cahaya (nuur) menyingkap tabir, tugas mata batin (bashiiroh) menetapkan pemahaman hikmah, sedang tugas hati (qolbu) adalah menerima atau menolaknya.

Task light (Nur) veil, the task of the inner eye (bashiiroh) establish an understanding wisdom, is the task ofthe liver (qolbu) is to accept or reject it.

Janganlah ketaatanmu kepada-Nya membuatmu gembira karena engkau merasa mampu melaksanakannya. Namun, bergembiralah kepada-Nya karena itu terjadi lantaran karunia Allah kepadamu. Katakanlah: “Dengan karunia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Karunia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih dari apa yang mereka kumpulkan”. (Q.S. Yunus [10]: 58)

Let not your obedience to Him to make you happy because you feel able to implement it. However, rejoice in Him because it happened because of God’s gift to you. Say: ”With the grace of God and His mercy, let themrejoice. The gift of God and His grace is more than what they collect”.

Tidak tumbuh ranting-ranting kehinaan, kecuali dari benih ketamakan.

Does not grow branches humiliation, except from the seeds of greed.

Tidak ada sesuatu yang menyeretmu (ke arah kesesatan dan kesengsaraan) kecuali angan-angan.

There is nothing to drag (the direction of error and misery) except wishful thinking.

Engkau merdeka dari semua yang engkau berlepas diri kepadanya, dan engkau menjadi budak dari semua yang engkau tamak terhadapnya.

You are free from all that you are innocent to him, and you have become slaves of all of you greedy about it.

Siapa yang (justru) menjauh dari Allah dengan halusnya nikmat yang Dia berikan maka ia akan diseret (mendekati) dengan rantai-rantai cobaan.

Who is (actually) away from God with its subtle blessings He has given so he would be dragged(approaching) with the chains of temptation.

Barangsiapa tak bersyukur atas nikmat yang diberikan kepadanya, itu artinya ia membuka jalan bagi hilangnya nikmat itu. Dan barangsiapa bersyukur maka sesungguhnya ia telah mengikat kuat nikmat itu.

Whoever was grateful for the blessings given to him, that means he opens the way for the loss of thatpleasure. And whoever is grateful he has indeed bind strongly favor it.

Jika engkau menemukan seorang hamba yang ditetapkan Allah dalam menjaga wirid-Nya dan dilanggengkan-Nya dalam keadaan demikian, namun sekian lamanya tidak mendapatkan pertolongan-Nya, maka jangan anggap remeh apa yang telah Allah berikan kepadanya hanya karena engkau belum melihat padanya tanda-tanda kearifan atau cahaya indah yang menunjukkan ia seroang yang mencintai Allah. Kalau bukan karunia berupa wirid tentu tidak akan ada wirid.

If you find a servant of God established in His keeping wird and perpetuated him in such circumstances, butnot so long to get his help, then do not take for granted what God has given him just because you have not seen him the signs of wisdom or the beautiful light that shows he seroang who love God. If it was not the gift of wird wird certainly would not exist.

Janganlah sampai niatmu mencapai tujuan terlangkahi hingga untuk selain-Nya. Sebab al-Karim (Dzat Yang Mahamulia) tidak akan terlangkahi oleh angan-angan atau harapan kosong.

Let not your intention to achieve the goal terlangkahi up to other than Him. For al-Karim (The Essence ofsublime) will not terlangkahi by wishful thinking or wishful thinking.

Jika engkau belum mampu berprasangka baik kepada-Nya karena kebaikan sifat-Nya, maka hendaklah engkau berprasangka baik kepada-Nya karena wujud-Nya (yang terlihat) berupa limpahan rahmat-Nya kepadamu. Bukanlah Dia tidak menempatkanmu kecuali di tempat yang baik dan tidak memberi anugerah kecuali kenikmatan?

If you have not been able to either prejudiced him because of the goodness of His nature, then you shouldeither prejudiced him because of his form (visible) form of an abundance of His mercy to you. He is not aplace you do not except in a good place and do not give gifts unless the pleasure?

Janganlah engkau melangkah dari suatu keadaan menuju keadaan yang lain sehingga engkau bagaikan keledai di penggilingan. Dia berjalan melingkari penggilingan, seakan dia telah berjalan menuju suatu tujuan tetapi sebenarnya ia kembali lagi ke tempat awal berangkatnya. Hendaklah engkau melampaui batas keadaan dan menuju Sang Pencipta Keadaan. Dan sesungguhnya hanya kepada Allah-lah andalan akhir dari segala perkara.

Thou shalt not move from one state to another state and you would like a donkey at the mill. He walked roundthe mill, as if he had been walking toward a goal but in fact he returned again to the early departure. Of whom be thou beyond the state and toward the Creator situation. And indeed it is only to Allah mainstay end of all things.

Perhatikan sabda Rasulullah: “Barangsiapa hijrahnya tertuju kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya adalah kepada Allah dan Rasul-Nya. Barangsiapa hijrahnya kepada dunia untuk mendapatkannya atau wanita untuk dikawininya, maka hijrahnya terhenti pada tujuan hijrahnya itu.” Pahamilah sabda Rasulullah SAW tersebut, jika engkau orang yang berpemahaman baik.

Consider the words of the Prophet: ”Whoever hijrahnya directed to Allah and His Messenger, then hijrahnyais in Allah and His Messenger. Whoever hijrahnya to the world to get it or woman to dikawininya, thenstopped on the goal hijrahnya hijrahnya it.” Understand the words of the Prophet Muhammad, if you are someone who berpemahaman good.

Janganlah engkau bersahabat dengan orang yang tidak membangkitkan semangatmu menuju Allah dan ucapannya tidak menunjukkan dirimu menuju jalan Allah.

Thou shalt not make friends with people who do not arouse your zeal towards God and his words do notshow yourself to the path of Allah.

Bisa saja engkau melakukan perbuatan buruk tetapi tampak sebagai kebaikan lantaran engkau bersahabat dengan orang yang lebih buruk (perilaku dan ucapannya) dari engkau.

It could be you did something wrong but it looks as good because you are friends with people who are worse (behavior and words) from thee.

Baiknya amal adalah buah dari baiknya ahwal (berkaitan dengan kebersihan hati) dan baiknya ahwal adalah karena penetapan maqom (tahapan) yang dikaruniai oleh-Nya.

The good deeds are the fruit of good ahwal (relating to probity) and good ahwal is because the determination maqom (stages) are blessed by Him.

Jangan meninggalkan dzikir lantaran engkau belum bisa selalu ingat kepada Allah ketika berdzikir. Sebab kelalaianmu terhadap Allah ketika tidak berdzikir lebih berbahaya ketimbang kelalaianmu terhadap Allah ketika berdzikir.

Do not leave the dhikr because you can not always remember to Allah when dhikr. For kelalaianmu against God when no more dangerous than kelalaianmu dhikr of Allah when dhikr.

Sebagian dari tanda matinya hati (seseorang) ialah apabila (ia) tidak merasa perlu bersedih ketika kehilangan kesempatan untuk melakukan amal kebaikan, serta tidak merasa perlu menyesal ketika terlanjur melakukan perbuatan yang tidak baik.

Some of the signs of the demise of the liver (one) is when (he) did not feel the need to mourn when they lose the opportunity to perform good deeds, and not feel the need to repent when it is not already doing good deeds.

Janganlah membayangkan besarnya dosa-dosamu sehingga hal itu menghalangimu untuk berbaik sangka pada Allah. Barangsiapa mengenal-Nya, niscaya ia akan tahu bahwa dosanya tidaklah ada apa-apanya dibandingkan dengan kemurahan-Nya.

Do not imagine the magnitude of your sins so that it does stop you for the kind thought to God. Anyone know him, surely he would know that his sin is not nothing compared to His mercy.